Halaman Blog Kang Asep Sule

Tutorial SEO : On-Page Optimization : Mengenal Meta Tags

Tutorial SEO kali ini akan membahas Meta tag yang menjadi bagian dari optimasi SEO on-page. Tutorial ini melanjutkan tutorial sebelumnya tentang Tutorial SEO : Onpage dan Offpage Optimization.

Apa yang dimaksud meta tag? Dalam hal ini saya akan membicarkan meta tag dari sisi SEO. Meta tag adalah informasi-informasi tambahan dari suatu halaman situs (baik homepage maupun halaman postingan). Informasi yang terdapat pada meta tag tersebut menginformasikan search engine (Google, etc) bagaimana tampilan situs kita di hasil pencarian Google. Tampilan situs dihasil pencarian Google ini tentu saja berpengaruh kepada keputusan pengunjung akan memilih untuk mengklik situs mana yang muncul di halaman pencarian Google.

Supaya lebih jelas, berikut contoh hasil pencarian Google.co.id untuk kata kunci "tutorial seo onpage". Alhamdulillah, blog kang asep sule muncul nomor 3 saat posting artikel ini (26 Maret 2012).



Kita lihat, walaupun blog kang asep sule jadi nomor 3, tetapi dengan judul dan deskripsi yang "meyakinkan" maka orang akan lebih memilih mengklik blog kang asep sule yang nomor 3 dibandingkan yang nomor 1. Nah, judul dan deskripsi itulah yang diatur dalam meta tag.

Apa saja meta tag untuk blog?

Sebenarnya banyak sekali meta tag yang digunakan pada website/blog, Namun Meta tag yang umum digunakan adalah :
  • Title
  • Meta Description
  • Meta Keyword
<title>JUDUL BLOG / ARTIKEL</title>
<meta name="description" content="DESKRIPSI BLOG / ARTIKEL">
<meta name="Keyword" content="KATA KUNCI BLOG / ARTIKEL">

Title / Judul
Title ini yang nantinya akan muncul di atas title tab browser dan juga dihasil pencarian Google seperti gambar berikut



Judul harus sesuai dengan kata kunci yang dibidik (idealnya 50 karakter agar tidak terpotong bila tampil di hasil pencarian Google)

Meta Description
Meta description ini yang nantinya akan ditampilkan Google di hasil pencariannya tepatnya di bawah Judul seperti gambar berikut.

 

Meta Keyword
Meta Keyword adalah kumpulan kata-kata yang berhubungan dengan kata kunci yang menjadi target. Pisahkan dengan koma antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya. Contoh target kata kunci "lirik lagu sik asik", maka meta keyword yang mungkin adalah : "download mp3 sik asik, lagu ayu ting ting, mp3 ayu ting2, video lagu sik asik, lirik lagu ayu ting ting, youtube ayu sik asik, ayu ting ting hot".
Update: Pada Algoritma Google Penguin, meta keyword kabarnya tak lagi diperlukan, cukup Meta Description saja


Demikian tutorial SEO dengan topik mengenal meta tag, semoga bermanfaat bagi yang sedang belajar SEO untuk pemula. Bila ada master SEO yang membaca artikel ini CMIIW please...

Posted by: Kang Asep Sule, at 11.45

5 komentar:

budiansyah mengatakan...

terima kasih banyak artikel kang asep sule, mumpung blog saya masih baru dengan sedikit artikel mau nyontoh dan diperbaiki dulu sesuai tutorial yang akang berikan.

tempat wisata indonesia mengatakan...

terimakasih tutorialnya bozzz,,,
izin praktek

SHARE AJA mengatakan...

Terima kasih atas infonya, salam kenal persahabatan.

Catatan Google mengatakan...

mantppppp kang, salam kenal, main main ke blog ane ya gan, sekalian follownya

Unknown mengatakan...

thanks tutorial'a mas bero
wisata puncak bogor

Posting Komentar