Halaman Blog Kang Asep Sule

Cara Menambahkan Meta Keyword dan Meta Description di Blogspot

Menambahkan meta keyword dan meta description di blogspot adalah salah satu bagian optimasi SEO onpage untuk blog. Meta keyword dan meta description ada 2 bagian yaitu yang pertama meta keyword dan meta description untuk homepage lalu yang kedua meta keyword dan meta description untuk postingan.

Sebelum membahas cara menambahkan meta keyword dan meta description, ada baiknya baca dulu tutorial SEO onpage : Mengenal Meta Tag.

Untuk meta keyword dan meta description homepage kita cukup menambahkan sekali saja, sedangkan untuk meta pada postingan harus ditambahkan di setiap postingan. Menurut pendapat kang asep sule, meta di postingan bersifat optional bisa ditambahkan bisa tidak, tergantung kebutuhan.


Bila disetiap postingan ditambahkan meta keyword dan meta description yang berbeda-beda (bukan meta otomatis) maka kemungkinan loading blog akan berat karena harus mengeksekusi semua fungsi if yang ada di kode HTML template blogspot.

Untuk blog kang asep sule ini, meta keyword dan meta description hanya dipasang pada postingan-postingan yang memang mau dioptimasi banget (bener-bener niat biar postingannya muncul di nomor 1 Google, contohnya postingan Lirik lagu Sik Asik, itu ada meta-nya). Untuk posting-posting lainnya tidak ditambahkan meta description maupun meta keyword, karena Google juga akan membuatkan meta description dengan sendirinya.

Tutorial Cara Membuat Meta Keyword dan Meta Description di Blogger.

  • Login ke Blogger
  • Masuk ke Rancangan -> edit HTML
  • Cari kode </head>
  • Tambahkan kode berikut sebelum </head>:

Meta untuk homepage blog

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi blog ente tulis yang jelas disini, jangan lebih dari 150 karakter">
<meta name="keywords" content="kata, kunci, blog, agan, tulis, di, mari, semua, masukin, aja, sesuai, tema, blog, pisahkan, dengan, koma">
</b:if>

Ganti tulisan yang diwarnai orange dengan meta yang diinginkan

Meta untuk postingan (optional)

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://kangasepsule.blogspot.com/2011/12/lirik-lagu-sik-asik-ayu-ting-ting.html&quot;'> <meta name='description' content='Lirik Lagu Sik Asik Ayu Ting Ting buat yang mau karaoke tapi ga hafal liriknya. Silahkan baca lirik lagu Sik Asik ayu ting ting disini.'/>
<meta name='keyword' content='sik asik, lirik lagu terbaru, ayu ting ting sik asik, ayu tingting sik asik, sik asik mp3, ting ting mp3, mp3 sik asik, ayu ting ting mp3, mp3 ayu tingting, lirik lagu sik asik, download lagu sik asik, lagu sik asik, lirik lagu dangdut sik asik, dangdut sik asik mp3, download lagu dangdut sik asik, mp3 dangdut sik asik, ayu ting ting sik asik mp3, ayu ting ting, ayu tingting'/> </b:if>

Ganti tulisan yang diwarnai pink dengan URL postingan yang akan di tambahkan meta keyword dan description.
Ganti tulisan yang diwarnai orange dengan meta yang diinginkan.

Demikian tutorial cara membuat meta description dan meta keyword di blogspot, Semoga bermanfaat.

Update: Dengan algoritma Google Penguin, kabarnya meta keyword tak lagi diperlukan, cukup meta description saja.

Posted by: Kang Asep Sule, at 17.43

2 komentar:

Posting Komentar