Halaman Blog Kang Asep Sule

Tutorial SEO : Onpage dan Offpage Optimization

Pada tutorial SEO kali ini, Kang Asep Sule ingin berbagi dengan Anda tentang pengertian SEO onpage optimization dan SEO offpage optimization.

Jangan berpikir bahwa Anda yang sudah menulis artikel bagus, konten unik, maupun sajian-sajian menarik di blog bisa langsung meningkatkan posisi blog di search engine. Beberapa tahun ke belakang hal ini mungkin bisa terjadi, namun tidak untuk jaman sekarang. Jutaan web baru bermunculan setiap saat sehingga mengharuskan search engine lebih selektif lagi dalam menentukan website siapa yang akan muncul dihalaman awal mereka dengan kata kunci tertentu.

Seperti yang disebutkan dalam postingan sebelumnya tentang definisi SEO bahwa dengan optimasi blog menggunakan teknik-teknik SEO, sebuah blog bisa menjadi nomer 1 di google dan otomatis mengundang traffic/pengunjung gratis dari mesin pencari.
Hal pertama yang harus diketahui blogger yang ingin belajar SEO adalah bahwa SEO memiliki dua tahapan, yaitu SEO onpage optimization dan SEO offpage optimization. Apa itu SEO onpage optimization dan SEO offpage optimization? Mari kita pelajari bersama.

SEO Onpage Optimization

Onpage optimization bila kita terjemahkan satu per satu, On artinya didalam, page artinya halaman, dan optimization berarti optimasi. Jadi secara singkat SEO Onpage Optimization berarti teknik SEO untuk optimasi blog yang dilakukan di dalam blog kita sendiri.

Ada tiga hal penting dalam SEO onpage ini yaitu :
  1. Keyword
  2. Meta tag (title, description, keywords)
  3. Artikel / konten blog
Ketiga hal ini adalah yang harus dioptimasi terlebih dahulu pada sebuah blog agar menjadi SEO friendly (dalam hal ini SEO onpage).


SEO Offpage Optimization

Setelah selesai SEO onpage optimization, saatnya melakukan SEO offpage optimization. Apa lagi nih SEO offpage optimization? Begini sodara-sodara...

SEO offpage optimization adalah langkah-langkah atau teknik-teknik yang harus dilakukan seorang blogger dengan tujuan agar search engine memberikan penilaian bahwa blog kita adalah blog paling populer diantara blog-blog lain yang memiliki tema sejenis.

SEO offpage optimization = Backlink

Backlink adalah link dari situs lain (baik dalam artikel maupun di sidebar) yang mengarah ke situs kita. Jadi, inti dari SEO offpage optimization adalah seberapa banyak backlink yang menuju ke blog kita. Tidak hanya banyak, backlink juga harus berkualitas untuk bisa mendorong blog kita naik ke atas menjadi nomer 1 di google.


Posted by: Kang Asep Sule, at 03.25

9 komentar:

Posting Komentar