Halaman Blog Kang Asep Sule

Sejarah Singkat Distro Linux Ubuntu

Sejarah singkat Ubuntu ini melanjutkan postingan sebelumnya tentang sejarah singkat Linux. Mengapa langsung membahas Ubuntu setelah Linux? karena Ubuntu adalah distro Linux paling populer sejak diluncurkan tahun 2004 hingga beberapa tahun terakhir ini. Ubuntu selalu menjadi distro nomor 1 versi distrowatch.com diantara distro lainnya diseluruh dunia. Meskipun sekarang kepopuleran Ubuntu sempat menurun setelah mengganti desktopnya dari Gnome menjadi Unity pada Ubuntu 10.10, namun bagi para pengguna Linux yang sudah lama menggunakan Ubuntu hal ini tidak menjadikan mereka beralih ke distro lain karena berbagai alasan yang salah satu diantaranya sayang software-software yang sudah banyak terinstal di Ubuntunya seperti saya saat ini.

Kembali ke sejarah singkat Ubuntu. Karena judulnya juga sejarah singkat, jadi tidak akan dibahas panjang lebar mulai dari A sampai Z tentang sejarah Ubuntu. Disini hanya akan dibahas sekilas saja dari sejarah Ubuntu.

Ubuntu merupakan distro Linux turunan Debian. Ubuntu bisa digunakan di Laptop, Desktop, Server, maupun perangkat mobile dengan kehadiran Unity pada Ubuntu versi terbaru. Melalui software center yang ada di server repository Ubuntu, kita bisa menemukan hampir seluruh aplikasi yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari mulai dari aplikasi perkantoran (office), pengolah gambar, internet, programming, games, dan masih banyak lagi.

Kata 'Ubuntu' berasal dari bahasa Afrika yang berarti rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia, bisa juga diartikan aku adalah aku karena keberadaan kita semua. Tujuan dari pembuatan distro Linux Ubuntu awalnya adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak

Ubuntu pertama kali diluncurkan ke pubik pada tahun 2004 oleh Mark Shuttleworth pemilik perusahaan Canonical Ltd yang membentuk suatu grup open source dengan tujuan membentuk distro baru berbasis Debian. Pertama kali Ubuntu diluncurkan, sebanyak lebih dari 12000 orang telah mencobanya dan angka tersebut terus melonjak dari tahun ke tahun hingga akhirnya menjadikan Ubuntu sebagai distro terpopuler di dunia.

Versi dan Penamaan Ubuntu dari Tahun ke Tahun


Versi Ubuntu hadir setiap 6 bulan sekali. Setiap pengguna Ubuntu bisa melakukan upgrade dari versi lama ke versi baru dengan gratis tanpa membayar sebagaimana pertama kali menginstal di komputernya.
Penamaan versi Ubuntu dari versi satu ke versi lainnya memiliki penamaan yang unik. Keunikan yang pertama, penamaan versi Ubuntu (code name) selalu diambil dari nama-nama hewan. Keunikan kedua, penomoran versi Ubuntu mudah sekali dingat karena menggunakan format tahun dan bulan Y.MM (Y=tahun, MM=bulan). Dengan waktu release versi terbaru Ubtunu setiap 6 bulan sekali, berarti setiap 1 tahun Ubuntu merilis versi terbaru sebanyak 2 kali. Adapun bulan rilis versi baru sudah ditetapkan pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya. Sebagai contoh versi terbaru ubuntu saat tulisan ini dibuat adalah 11.10, ini artinya versi tersebut rilis pada tahun 2011 bulan ke-10 (Oktober). Versi selanjutnya setelah versi 11.10 adalah 12.04, 12.10, 13.04, 13.10, dan seterusnya.

Setiap rilis versi baru, Ubuntu disupport hingga 18 bulan atau 1,5 tahun. Adapun untuk versi LTS (Long Time Support) disupport hingga 3 tahun untuk Ubuntu Desktop dan 5 tahun untuk Ubuntu server.

Versi Ubuntu dari tahun 2004 hingga 2011 beserta code name-nya:
  • Ubuntu 4.10 (Warty Warhog)
  • Ubuntu 5.04 (Hoary Hedgehog)
  • Ubuntu 5.10 (Breezy Badger)
  • Ubuntu 6.06 (Dapper Drake)
  • Ubuntu 6.10 (Edgy Eft)
  • Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn)
  • Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)
  • Ubuntu 8.04 LTS (Hardy Heron)
  • Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex)
  • Ubuntu 9.04 (Jaunty Jackalope)
  • Ubuntu 9.10 (Karmic Koala)
  • Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx)
  • Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat)
  • Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal)
  • Ubuntu 11.10 (Oneiric Ocelot)
  • next >> Ubuntu 12.04 (Precise Pangolin)


Posted by: Kang Asep Sule, at 04.58

1 komentar:

Poskan Komentar