Halaman Blog Kang Asep Sule

Pendaftaran Ujian SNMPTN 2012 Online :: Jalur Tertulis SNMPTN

Berikut ini ada informasi untuk temen-temen lulusan SMU/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan bahwa tanggal 10 Mei 2012 dibuka pendaftaran secara online untuk Ujian Tulis SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2012.

SNMPTN dibagi dalam dua jalur yaiitu jalur undangan dan jalur tertulis. Pendaftaran Jalur Undangan sudah dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2012 hingga 8 Maret 2012. Pendaftaran SNMPTN jalur tertulis dibuka pada tanggal 10 s/d 31 Mei 2012.

Pendaftaran SNMPTN 2012 ini berbeda dengan pendaftaran SNMPTN 2011 dimana ditahun 2012 pendaftaran SNMPTN sepenuhnya dilakukan secara online.

Mengutip dari Republika Online, menurut penuturan Ketua Panitia Lokal SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2012, Budi Prasetyo Widyobroto di Yogyakarta, Senin mengatakan bahwa "Tahun lalu pendaftaran diproses oleh teller bank bersamaan dengan pembayaran biaya ujian, tetapi sekarang dilakukan sendiri oleh calon peserta secara online".

Lanjut Budi Prasetyo, "dalam SNMPTN 2012, calon peserta membayar uang pendaftaran ke Bank Mandiri, kemudian mendapat PIN (Personal Identification Number) dan KAP (Kode Akses Pendaftaran) yang digunakan untuk login ke website SNMPTN. Melalui website itu calon peserta diminta mengisi biodata, memilih program studi, dan lokasi tes".

Adapun jadwal pendaftaran ujian tulis SNMPTN dimulai pada tanggal 10 Mei 2012 hingga 31 Mei 2012. Pendaftaran ini, berlaku untuk lulusan tahun 2010, 2011, dan 2012. Jadi, agak sedikit berbeda dengan pendaftaran tahun sebelumnya yang mendahulukan lulusan tahun sebelumnya.

Menurut dia, saat jaringan sangat padat ada kemungkinan data pendaftar sulit masuk dalam sistem. Kondisi itu terutama terjadi saat menjelang hari terakhir pendaftaran, karena banyak calon peserta yang mendaftar.

Berikut ini bagan Alur Pendaftaran Peserta SNMPTN Jalur Tertulis

Pendaftaran Peserta SNMPTN Jalur Tertulis


Masih bingung cara daftar SNMPTN? coba cari informasi lebih lengkapnya pada website resmi SNMPTN 2012 di http://www.snmptn.ac.id yang memuat semua informasi tentang SNMPTN mulai dari jadwal pendaftaran, tutorial pendaftaran online, daftar program studi dan perguruan tinggi negeri (PTN), serta halaman khusus tanya jawab tentang SNMPTN.

Semoga ujian SNMPTN nya lulus ya abang dan nona semuanya.
Ayo! Raih prestasi, wujudkan mimpi, dan gapai cita-citamu setinggi langit dengan kuliah di perguruan tinggi dambaan kamu.
Kalo ga luluspun jgn putus asa, banyak jalan menuju Roma, banyak cara untuk meraih cita-cita!

Salam,
Kang Asep Sule, yang kini masih bisa menikmati hidup dan tak kurang suatu apapun meski 2 kali gagal saat ujian masuk ITB waktu jaman UMPTN dulu.

Posted by: Kang Asep Sule, at 11.49

0 komentar:

Posting Komentar