Halaman Blog Kang Asep Sule

Blogwalking, Bertamu ala Blogger

Blogwalking, kata yang sudah tidak asing lagi bagi para blogger yang sudah lama malang melintang didunia blogging. Namun bagi blogger newbie mungkin ada yang belum mengetahui apa sih blogwalking?
Pada posting kali ini, ane pengen bicara soal blogwalking. Tulisan ane terinspirasi dari kegiatan ane kemarin yang menghabiskan waktu seharian cuma buat blogwalking ke 200 blog guna menyapa sahabat-sahabat blogger di seluruh nusantara dan sebagian lagi blog dari luar negari.

Blogwalking bila diibaratkan keadaan nyata dalam kehidupan sehari-hari ibarat bertamu ke tetangga, teman, atau kerabat jauh. Blog ibarat rumah dan blogger adalah pemilik rumah. Maka dari itu, manfaat blogwalking juga tidak jauh beda dengan manfaat bertamu seperti di kehidupan sehari-hari. Dalam Islam, bertamu atau istilahnya silaturahim bisa mendatangkan banyak manfaat, salah satunya adalah mendatangkan rizki. Ketika bertamu, pasti tuan rumah menyuguhkan sesuatu kepada tamunya seperti kue, minuman, dan lain-lain, bukankah ini rizki bagi si tamu (Ingat !! jangan berfikiran sempit rizki tuh cuma uang).
Dari blogwalking, blogger yang bertamu juga akan di suguhi hidangan oleh blogger tuan rumah yaitu dengan konten-konten dari blog. Bila kontennya menarik, tentu saja ini menjadi sesuatu yang berharga bagi blogwalker (istilah untuk blogger yang melakukan blogwalking). Bisa nambah ilmu, wawasan, dan juga pemahaman tentang sesuatu dari membaca konten blog tuan rumah. (asal jangan konten esek-esek ya gan...).

Lalu gimana kalo blog yang dikunjungi tidak memiliki konten yang unik, jadi rugi dong nih blogwalker??? Ya ga juga sih, kalo kaya gitu sama aja kita bertamu ke rumah orang ga punya apa-apa, cuma disuguhi air putih segelas. Paling kita kasih alamat rumah kita, terus nyuruh orang ga punya itu bertamu ke rumah kita dan kita kasih deh suguhan-suguhan yang bermutu di rumah kita. Ini kan namanya sodaqoh, ga ada ruginya kalo orang sodaqoh, pasti berkah. Amin.

Itu kalo bertamu ke rumah, kalo blogwalking? Sama aja bos, walaupun kita nemuin blog yang kontennya tidak bermutu saat blogwalking, kita tetep dapat manfaat dari blogwalking yang kita lakuin kok. Manfaat pertama, kita sodaqoh traffic ke blog dia. Manfaat kedua, kita kasih link/alamat blog kita biar dia belajar gimana cara bikin blog yang bener, ini berarti sodaqoh ilmu. Manfaat ketiga, kita dapat traffic dari dia pas dia berkunjung ke blog kita. Keempat, cari aja sendiri... ga mau rugi amat luh.

Selain disuguhi bermacam-macam konten, manfaat blogwalking juga bisa meningkatkan traffic blog. Walau kadang tidak 100% berkunjung balik, tapi setidaknya kita tetap mendapat traffic berkunjung balik dari para blogwalker sejati.

Satu hal yang tidak boleh ketinggalan saat blogwalking, pastikan kita ninggalin jejak (ngisi alamat blog kita) diblog yang dikunjungi, baik itu di cbox atau di kotak komentar biar blogger yang dikunjungi bisa berkunjung balik ke blog kita.

Ayo kita jalin persaudaraan antar blogger dengan blogwalking....

Posted by: Kang Asep Sule, at 22.07

18 komentar:

Posting Komentar