Halaman Blog Kang Asep Sule

Cara Terakhir Mengatasi Komputer yang Kena Virus Mematikan

Virus? Seberapa kenal Anda dengan istilah komputer yang satu ini? Pengguna sistem operasi Windows baik windows Genuine terlebih windows bajakan pasti kenal dengan yang namanya virus, atau mungkin lebih tepatnya terpaksa kenal karena tiba-tiba virus mendadak menghampiri PC Anda meski tak diundang.

Berbagai cara dilakukan untuk mengamankan komputer agar tidak terkena virus, salah satunya dengan menggunakan software antivirus. Namun bagaimana bila virus tetap bisa masuk ke komputer dan menginfeksi file-file sistem yang ada didalamnya?

Untuk virus-virus kelas menengah kebawah dan tingkat infeksi file yang tidak terlalu banyak, bisa menggunakan virus remover bila Anda mengetahui komputer tersebut terinfeksi virus jenis apa. Misalnya terkena virus sality, gunakan saja sality remover.
Bagaimana bila komputer sudah terkena virus kelas kakap, hampir seluruh file sistem terinfeksi, loading PC jadi lambat, dan tidak bisa install anti virus karena diblok oleh virus tersebut?
Untuk kasus seperti ini, jalan terbaik yang harus ditempuh adalah memformat drive C dan lakukan install ulang Windows.
Kenapa demikian? alasannya, andaikan bisa di selamatkan tanpa install ulang, PC Anda tak akan maksimal kinerjanya karena pasti ada satu atau dua file terinfeksi yang tidak bisa dibersihkan dari virus dan file ini biasanya masuk karantina, padahal file tersebut adalah file system. So.. format disk dan install ulang adalah jalan terbaik yang harus ditempuh.

Sebelum format, copy dulu file-file data yang mungkin ada di drive C ke drive D atau partisi lain atau lebih baik lagi ke harddisk lain atau bisa juga ke flashdisk bila cukup kapasitasnya.
Setelah format dan install windows, software pertama yang harus diinstall adalah anti virus dengan virus definition terupdate agar komputer Anda tidak lagi digerayangi virus sialan...



Posted by: Kang Asep Sule, at 00.54

2 komentar:

Poskan Komentar