Halaman Blog Kang Asep Sule

Cara Ketahui Akun Facebook Palsu atau Fiktif, Ini Ciri-cirinya

Situs jejaring sosial Facebook tiap menit semakin bertambah saja penggunanya. Satu orang mungkin bisa memiliki beberapa akun Facebook dengan tujuan masing-masing. Diantara sekian banyak akun Facebook, banyak diantaranya ternyata akun Facebook palsu. Bagaimana cara kita mengetahui suatu akun Facebook asli atau palsu? mari kita bahas bersama.

Sebelumnya, perlu disamakan persepsi akun Facebook palsu yang akan dibahas. Akun Facebook palsu yang dimaksud adalah akun Facebook yang dibuat oleh seseorang dengan data fiktif, tidak sesuai identitas dirinya sendiri, menggunakan nama orang, nama samaran, foto orang lain, dan lain sebagainya.

Berikut ini cara mengetahui akun Facebook asli atau palsu.

1. Nama pengguna
Nama pengguna Facebook adalah yang pertama kita teliti. Jika nama pengguna menggunakan nama-nama tidak biasa, bukan nama orang, sudah dapat dipastikan akun Facebook tersebut palsu. Biasanya nama yang digunakan sangat menarik perhatian pengguna lain untuk meng-add friend, misalnya nama pengguna Facebook tersebut cewek binal, gadis bispak, abg toket gede, dan lain sebagainya.

2. Foto Profil
Foto Facebook dengan sosok wanita cantik bagai bidadari yang hampir tiada kekurangan baik di foto profil maupun foto dalam album sangat diragukan keasliannya baik keaslian foto terlebih keaslian akun. Foto profil yang sering gonta-ganti dengan foto orang berbeda juga kemungkinan akun Facebook palsu.

3. Info Profil

Profil tentang seseorang di Facebook dengan deskripsi yang sangat sempurna patut diragukan kebenarannya. Misalnya bekerja di PT. ABC, Jabatan Direktur Utama, Sekolah Harvard University, atau informasi lainnya.

4. Jumlah Teman
Jumlah teman terlalu sedikit atau terlalu banyak patut dipertanyakan. Misalnya akun dengan jumlah teman hanya 3 orang, mungkin saja ini akun facebook jadi-jadian.

5. Tag/tandai Teman dalam Foto
Akun Facebook asli biasanya akan sering menerima tag atau ditandai dalam kiriman foto teman. Akun Facebook palsu kemungkinan besar jarang atau bahkan sama sekali belum pernah ditandai dalam kiriman foto teman.

6. Foto Bersama

Foto bersama maksudnya foto bersama keluarga atau foto bersama teman. Lihat saja foto-foto yang ada dialbumya, Jika akun asli biasanya akan ada foto-foto bersama keluarga atau teman. Akun palsu kemungkinan tidak mempunyai foto seperti ini melainkan hanya menampilkan foto-foto yang didapat dari Google, biasanya foto-foto cewek cantik agar menarik perhatian.

Ciri-ciri diatas tidak selamanya 100% mutlak seperti itu, ada juga beberapa akun yang termasuk kriteria diatas tetapi ternyata akun Facebook asli. Informasi diatas semata-mata berdasarkan pengalaman kang asep sule setelah mengamati beberapa teman di Facebook yang ternyata hanya akun fiktif belaka. Setelah diketahui akun facebook palsu, sebaiknya dihapus saja dar daftar teman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Posted by: Kang Asep Sule, at 00.56

0 komentar:

Posting Komentar