Halaman Blog Kang Asep Sule

Tips Menghadapi Medical Check Up / Tes Kesehatan Sebelum Diterima Kerja


Medical check up atau tes kesehatan biasanya merupakan tahapan terakhir dalam proses penerimaan karyawan baru pada sebuah perusahaan. Setelah mengirim surat lamaran, dipanggil untuk tes dan dinyatakan lulus psikotes dan lulus wawancara maka untuk memastikan kesehatan calon karyawan baru diadakan medical check up. 
Bila hasil medical check up menyatakan sehat jasmani dan rohani maka tidak lama lagi akan ada panggilan untuk mulai bekerja di perusahaan yang dilamar. Bila hasil medical check up menyatakan calon karyawan tidak sehat atau mengidap penyakit tertentu maka biasanya akan diinformasikan bahwa calon karyawan gagal dan tidak diterima bekerja diperusahaan yang dilamar meski telah lulus dalam tes-tes sebelumnya.


Berikut ini tips-tips agar hasil medical check up sesuai harapan atau dinyatakan sehat jasmani dan rohani sehingga impian untuk bekerja di perusahaan yang diinginkan bisa terwujud.

  • Jauhi makanan berlemak minimal 1 minggu sebelum medical check up.
  • Perbanyak makan buah-buahan minimal 2 minggu sebelum medical check up
  • Hindari minum susu yang mengandung kadar lemak tinggi, minumlah susu low fat atau kandungan lemak rendah.
  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat cukup dan tidur tidak terlalu larut malam minimal 1 minggu sebelum medical check up
  • Tidak mengkonsumsi obat-obatan jenis apapun maximal 3 hari sebelum medical check up
  • Tidak dianjurkan olahraga berat seperti ke gym atau pusat kebugaran secara tiba-tiba, cukup jogging 10-15 menit minimal 1 minggu sebelum medical check up
  • Jauhi makanan pedas
  • Usahakan badan dalam kondisi sehat ketika hari H jadwal test
  • Jangan lupa berdoa.


Perlu diketahui, tips-tips diatas adalah penunjang agar medical check up hasilnya bagus dan normal. Bila Anda memiliki penyakit-penyakit tertentu apalagi penyakit dengan kategori menular, sebaiknya berobat terlebih dahulu untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Beberapa perusahaan akan mentolelir calon karyawan yang memiliki penyakit ringan dan tidak menular namun tidak akan mentolerir calon karyawan yang mengidap penyakit menular.

Demikian tips-tips menghadapi medical check up atau tes kesehatan pada proses penerimaan karyawan sebelum diterima kerja di perusahaan. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil diterima ditempat kerja yang diinginkan.

Posted by: Kang Asep Sule, at 02.22

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Oh... ternyata minum susu justu nggak boleh ya...???

Monggo >> FamJas.Com

Posting Komentar