Halaman Blog Kang Asep Sule

Pengertian Spoiler dan Alasan Kenapa Menggunakan Spoiler


Kaskuser mungkin tidak asing lagi dengan yang namanya spoiler. Spoiler biasanya dipakai untuk menyembunyikan gambar atau tulisan, saat diklik tombol [open] baru tulisan atau gambar tersebut terbuka. Spoiler di mari gan ... . 

Spoiler sebenarnya bukan hanya ada di kaskus, di blog dan di forum-forum selain kaskus misal forum gemscool dan forum lainnya juga ada spoiler-nya.

Sering pake spoiler, sering lihat spoiler, sering dikerjain sama spoiler, sering dibohoing sama spoiler. Lalu apa sebenarnya spoiler ini? kenapa orang-orang pake spoiler? mari kita bahas bersama.



Spoiler berasal dari kata 'spoil'. Spoil adalah bahasa Inggris, terjemahan bahasa Indonesia-nya menurut Google Translate Spoil adalah merusak. Dalam bahasa Inggris, kata kerja yang ditambahi akhiran 'er' biasanya jadi objek pelaku. Jadi, Spoil=merusak maka Spoiler=perusak. Spoiler artinya perusak ???. Wah.. makin aneh aja nih. Lanjut..

Ada hubungan apa antara spoiler dengan perusak? 

Jadi begini sodara-sodara. Ternyata, spoiler ini adalah istilah untuk menyebutkan keterangan tambahan dari suatu tulisan atau cerita dalam buku, majalah, atau media baca lainnya. Istilah yang sama artinya dengan spoiler adalah catatan kaki.

Agar lebih jelas berikut ini contoh kasus Spoiler. Misalnya, ada cerita dalam cerpen begini:

Suatu hari, Putri Cantik dikutuk nenek sihir menjadi kuda liar(1). Untuk mengembalikan Putri Cantik ke wujud asli yang cantik jelita, Putri Cantik harus dicium oleh Pangeran Tampan...

.................
.................
.................

(1)Kuda liar, biasanya dicari orang karena khasiat susu kuda liar sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Kuda liar banyak ditemukan di pulau Sumbawa.

Perhatikan tulisan (1) pada potongan cerpen diatas. Keterangan untuk (1) ditulis dibawah yang menerangkan tentang kuda liar. 
Kenapa keterangan tentang kuda liar ditulis dibawah? Kenapa tidak langsung saja ditulis diatas bersama dengan kisah Putri cantik? Karena, bila ditulis diatas dikhawatirkan akan mengganggu jalannya cerita dan merusak konsentrasi pembaca sehingga cerita tidak akan seru lagi. Kebayang kan? Lagi asyik-asyik baca kisah Putri Cantik dan Pangeran, malah membahas susu kuda liar, apa ga konsen jadinya? 

Nah, ketemu deh hubungan antara spoiler dengan perusak. Spoiler ini adalah 'perusak' jalan cerita bila dibaca pembaca saat seru-serunya membaca dan membayangkan jalan cerita suatu kisah atau artikel. Agar tidak merusak, namun penulis atau pengarang merasa perlu menerangkan arti kata tertentu dalam tulisannya, dibuatlah SPOILER. Akhirnya, spoiler diartikan beberan dalam bahasa Indonesia.

Lalu sekarang pertanyaannya, kenapa orang-orang menggunakan spoiler baik di blog maupun di forum? Jawabannya bisa bermacam-macam, tergantung niat si pembuat spoiler. Namun ada alasan yang biasa dan umum kenapa menggunakan spoiler, yaitu supaya orang penasaran dan tidak cepat-cepat kabur dari halaman yang ada spoilernya. 
Misalnya ada yang bikin trit di forum dengan judul "Foto Cherry Belle Bugil". Saat dibuka ternyata foto-fotonya disembunyikan di spoiler. Penasaran kan? buka spoiler satu, ternyata foto nenek-nenek, buka lagi spoiler 2, ternyata gambar kucing, buka terus sampai spoiler ke-10, ternyata cuma foto-foto telanjang binatang. wkwkwkkkk.. Tanpa disadari, korban spoiler telah betah berlama-lama dihalaman yang ada spoilernya, mungkin bisa sampai 10 menit untuk buka semua spoiler. Bandingkan dengan bila foto atau gambar yang dipajang tanpa spoiler dan sudah terpampang semua? pasti pengunjung langsung kabur karena cukup satu detik untuk melihat sepuluh foto yang tanpa spoiler.

Jadi begitulah kira-kira arti dan definisi spoiler menurut pemahaman kang asep sule. Bila ada yang kurang setuju silahkan dikoreksi dan harap dimaklumi.


Posted by: Kang Asep Sule, at 23.22

5 komentar:

Posting Komentar