Halaman Blog Kang Asep Sule

NISN - Cara Ketahui Nomor Induk Siswa Nasional di nisn.data.kemdiknas.go.id


NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) telah diluncurkan. Hal ini menandakan bahwa kemajuan teknologi informasi dalam bidang pendidikan terus digalakkan pemerintah khususnya oleh Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). 

Penjelasan Singkat Tentang NISN

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. 

Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. 

Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdiknas.go.id./).

Cara Mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

2. Pilih Tab pencarian berdasarkan NISN atau berdasarkan Nama


3. Isi data yang akan dicari
4. Klik tombol cari
5. Bila ditemukan, akan ditampilkan data NISN
6. Bila tidak ditemukan, hanya akan ditampilkan tabel kosong seperti gambar dibawah ini


Lalu bagaimana bila NISN belum tercantum di data pencarian tersebut? Untuk lebih jelasnya, silahkan baca FAQ tentang NISN di http://nisn.data.kemdiknas.go.id/Home/FAQ

Posted by: Kang Asep Sule, at 16.36

2 komentar:

Poskan Komentar