Halaman Blog Kang Asep Sule

Cara Aman Hilangkan Navbar Blogspot dengan Script Auto Hide NavBar

Agar blog di blogspot terlihat profesional dan tidak seperti blog gratisan, maka banyak blogger yang menghilangkan NavBar padahal menghilangkan navbar 'denger-denger dari tetangga sebelah katanya' melanggar TOS blogger.com. 

Selayaknya blog gratis memang selalu ada ads atau iklan atau copyright yang menandakan bahwa blog tersebut dibuat di penyedia blog gratisan. Lihat saja wordpress.com, blogdetik.com, dan penyedia blog gratis lainnya pasti menampilkan 'sesuatu' pada blog penggunanya. Begitu halnya dengan blogspot.com juga ingin 'tetap eksis' di semua blog pengguna blogspot.

Tak seperti penyedia blog gratisan lain, di blogspot kita bisa menghilangkan embel-embel blogspot yaitu NavBar atau Navigation Bar. Namun menurut kang asep sule, navbar jangan 'dibunuh' sama sekali, cukup disembunyikan saja agar akun blogspotnya lebih aman dan terkendali dengan tidak melanggar TOS blogspot.
Berbagai pilihan warna navbar Blogspot
Berbagai pilihan warna navbar Blogspot
Berikut ini script untuk menyembunyikan NavBar dengan teknik autohide. AutoHide NavBar artinya navbar hanya akan terlihat bila dilewati oleh pointer mouse. Contohnya blog kang asep sule ini, navbar nya ga ada kan? coba lewatkan mouse ke lokasi dimana navbar biasanya bertengger yaitu diatas! pasti navbarnya nongol.

Script Auto Hide NavBar Blogspot

  • Login ke Blogspot
  • Masuk ke rancangan-> Edit HTML atau Template->Edit HTML
  • Download dulu template yang ada, jaga-jaga bila ada kesalahan bisa dikembalikan ke template semula.
  • Cari [Ctrl+F] kode  }]]></b:skin>
  • Copy paste script berikut sebelum }]]></b:skin>
#navbar-iframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)}
#navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100, FinishedOpacity=100)}
  • Simpan template
  • Selesai.
Demikian cara menghilangkan navbar blogspot dari pandangan mata alias disembunyikan, semoga bermafaat Silahkan komen kalo belum jelas atau klik like Facebook blog kangasepsule untuk mendapatkan pemberitahuan setiap ada update tutorial baru.

Terima kasih telah berkunjung.

Posted by: Kang Asep Sule, at 14.26

1 komentar:

mautau.net mengatakan...

Trism atas infonya gan... sangat membantu mautau.net
sukses dan salam kenal

Posting Komentar