Halaman Blog Kang Asep Sule

Blogspot.com - Login to Blogger Dashboard - Buat Blog Gratis Dari Google


Login ke blogspot.com bisa dari www.blogspot.com atau bisa juga dari www.blogger.com, semuanya akan diarahkan ke dasboard blogger bila telah memasukkan user dan password yang benar.

Blogspot.com atau blogger.com adalah salah satu layanan yang disediakan oleh Google untuk membuat blog gratis. Blog yang dibuat dari blogspot.com akan memiliki nama domain sub domain dari blogspot misalnya seperti kangasepsule.blogspot.com. Sub domain ini bisa juga diubah menjadi custom domain sehingga hilang embel-embel blogpsot.com-nya dan hanya tersisa .com, .org, .net, .info, atau TLD lainnya saja.

Banyak yang belum mengetahui sejarah blogger.com atau blogspot.com ini meskipun sudah lama nge-blog dengan blogspot. Siapa yang menyangka bahwa blogger.com awalnya bukan dimiliki oleh Google tetapi dimiliki oleh Pyra Labs.

Blogger Blogspot Logo
Logo Blogger.com / Blogspot.com

Sejarah Singkat Blogger.com

23 Agustus 1999, Perusahaan Pyra Labs yang didirikan oleh Evan Williams dan Meg Hourihan meluncurkan Blogger untuk pertama kalinya. Sebelum dinamai Blogger, Blogger sempat dinamakan 'Pyra' yang mengambil dari nama perusahaan 'Pyra Labs'. Pyra Labs mengkomersilkan blogger, artinya layanan blogger saat itu tidak gratis melainkan berbayar. Walau demikian, peluncuran Blogger ternyata menuai sukses besar karena merupakan perangkat publikasi blog yang pertama didunia. Blogger sangat berperan dalam mempopulerkan format blog disamping format website pada umumnya yang ada didunia Internet.

Seiring kesuksesan Blogger, tahun 2003 Pyra Labs dilirik oleh Google hingga akhirnya diakusisi oleh Google. Blogger yang awalnya merupakan layanan berbayar saat dipegang Pyra Labs, maka pada saat dipegang Google, Blogger disediakan sebagai layanan gratis.

Setelah tahun 2003 Blogger resmi dimiliki Google, tahun 2004 Google membeli Picasa dan mengintegrasikan Blogger dengan Picasa sehingga setiap pengguna Blogger dapat mengupload foto ke blognya masing-masing. Bagi yang belum tahu, setiap upload foto ke blogger, sebenarnya kita mengupload ke Picasa. Makanya kita bisa lihat foto-foto atau gambar yang sudah diupload ke blogger kita di album web Picasa yang beralamat di https://picasaweb.google.com/home.

Setiap tahun, Google selalu memperbarui Blogger dengan  fitur-fitur tambahan dan mengupgrade fitur-fitur yang ada dengan tujuan untuk kemudahan user menggunakan Blogger. Saat ini saja, kita bisa melihat sendiri fitur dan fasilitas yang ada dalam blogger, semakin canggih dan mumpuni walau gratis.

Akhirnya, sebagai blogger yang selama ini menggunakan dan terbantu dengan dengan adanya blogger.com kami ucapkan terima kasih kepada Google dan berharap semoga layanan blogger tetap gratis selamanya.

Salam Blogger! Maju terus Blogger Indonesia

Posted by: Kang Asep Sule, at 22.08

0 komentar:

Posting Komentar