Halaman Blog Kang Asep Sule

Mengganti Domain Blogspot Dengan Custom Domain

Mengganti nama domain blogspot menjadi dot com, dot info, dot org, atau TLD lainnya bisa dan mudah sekali dilakukan di blogger. Jadi domain yang sebelumnya misal seperti ini: namablog.blogspot.com bisa menjadi namabblog.com

Memiliki blog di blogger.com bisa menjadi pilihan bagi blogger yang kurang memiliki dana untuk membuat blog dengan hosting berbayar karena di blogger.com hostingnya unlimited dan gratis pula... sedangkan untuk nama domain bisa diatur dengan custom domain blogger.

Apa yang dimaksud custom domain blogger.com?
Custom domain blogger adalah mengganti domain yang sebelumnya ada embel-embel blogspot.com menjadi langsung .com saja. Sistemnya seperti redirect URL blogspot ke alamat domain yang kita punya.

Bagaimana nasib URL blogspot.com setelah diubah menjadi custom domain .com?
Tidak usah kuatir masbro! Walaupun sudah dirubah menjadi custom domain, Google masih berbaik hati kepada Anda karena setiap pengunjung yang menuju blog Anda dari URL lama yang masih ada embel-embel blogspot-nya maka akan di redirect/diarahkan ke custom domain Anda yang baru baik pengunjung yang datang langsung (direct) ataupun yang datang dari search engine. Jadi akhirnya Anda memiliki alamat URL ganda, yang satu (misal) namablog.blogspot.com dan yang satu lagi namablog.com

Apa keuntungan custom domain blogger.com?
Pasti inilah pertanyaan yang akan dilontarkan blogger matre, pikirannya untung rugi mulu. wkwkwkwk...

Masalah untung rugi ini ane rasa relatif tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Untung rugi sebenarnya itung-itungan pebisnis. Bagi blogger yang hanya ngeblog cuma buat sharing dan ingin eksis saja tak usahlah itung-itungan untung rugi dulu, cukup posting artikel bagus, urusan fulus Insya Allah menyusul tinggal tunggu tanggal maennya aja.

Bagi pebisnis, dengan custom domain jelas untung karena blog gratisan dari blogspot bisa terlihat seperti blog profesional dengan hosting berbayar (tapi tetep aja bagi yang jeli pasti akan tahu flatform blog apa yang dipakai suatu blog sekalipun sudah memakai domain dot com).

Misal blog/websitenya jualan hp second murah, bayangkan jika ada orang yang mau beli produk dari situs dengan domain (misal) jualhpsecondmurah.blogspot.com dengan www.jualhpsecondmurah.com kira-kira mana yang akan dipilih untuk diklik oleh pengunjung seandainya kedua-duanya sama-sama muncul di halaman hasil pencarian Google? menurut ane pribadi pasti orang akan lebih memilih yang www.jualhpsecondmurah.com ketimbang jualhpsecondmurah.blogspot.com. Mengapa? ya banyak sekali alasannya, salah satu alasan yang masuk akal mungkin pengunjung kurang percaya dengan situs dari blogspot.com bisa aja penipuan lha wong bikin situsnya aja asal-asalan cuma dari blogspot!!! Atau bisa juga alasan yang lainnya.

Lantas bagaimana dengan blogger yang ngeblog cuma sharing dan pengen eksis aja? Apa untungnya custom domain blogger.com? Untuk yang satu ini ane cuma ingin ngangkat keuntungan dari segi prestise seorang blogger saja, keuntungan lainnya silahkan rasakan sendiri kalo dah di custom domain blogspotnya.

Jadi, bila memiliki blog dengan alamat www.namague.com, ane rasa lebih bangga bagi blogger tersebut dibanding namague.blogspot.com. Ingat! itulah prestise, bukan prestasi. Untuk masalah prestasi, tak ada hubungannya mau alamat blognya dotcom atau dotblogspotdotcom. Mengamati kontes SEO yang saat ini ramai sekali di dunia blogging, banyak sekali domain-domain blogspot.com mampu mengalahkan domain .com di hasil pencarian Google. Jadi menurut pandangan ane, keuntungan custom domain bagi blog bukan blog bisnis (macam blog kang asep sule ini), tidak terlalu berpengaruh besar terhadap keberadaan blog walaupun bisa jadi kasus pilihan pengunjung untuk mengklik domain .com dibanding .blogspot.com yang tadi dibahas untuk jualhpsecond bisa juga terjadi untuk blog tutorial atau blog sharing. Namun, perbedaan tipikal pengunjung blog jualan agak berbeda dengan pengunjung blog tutorial. Pengunjung blog jualan, lebih memilih blog-blog yang terpercaya dan meyakinkan untuk menghindari penipuan. Adapun pengunjung blog tutorial, lebih memilih konten/artikel. Pengunjung blog tutorial akan cukup puas bila menemukan jawaban yang ia cari tanppa peduli itu dari blog .blogspot.com sekalipun.

Adakah kerugian dari Custom Domain Blogger.com?
Mungkin ini lebih tepatnya bukan kerugian kali ya, tapi konsekuensi yang harus diterima bila menggunakan custom domain blogger yaitu blog akan dianggap blog baru oleh beberapa situs layanan statistik/ranking blog seperti alexa, technoraty, dan bahkan Google pagerank. Tapi tak usah khawatir dengan semua itu karena Anda tetap tidak akan kehilangan pengunjung setia walaupun dianggap blog baru dan tidak memiliki ranking-ranking tersebut. Bila traffic terus berdatangan, maka tak lebih dari 1 bulan ranking-ranking tersebut akan kembali didapatkan.
Permasalahan URL domain blogspot.com yang sudah ditanam diblog-blog sahabat, ini juga sebenarnya bukan masalah karena URL blogspot tersebut juga tetap akan mengarahkan ke URL domain yang baru. Tetapi sebaiknya hubungi blog-blog sahabat yang telah memasang link blog kita agar mengganti URL dengan domain baru kita.

Cukup sudah perbincangan mengenai apa maksud custom domain blogger.com berikut untung ruginya menggunakan custom domain.

Kesimpulan dari tulisan diatas adalah tidak usah ragu untuk mengganti domain blogspot dengan custom domain sekalipun blog Anda sudah lama dan banyak trafficnya. Jangan takut kehilangan pengunjung karena URL blogspot masih tetap akan mengarahkan ke URL baru.

Sekarang tinggal memilih penyedia domain yang professional dan terpercaya untuk custom domain Anda, rekomendasi ane silahkan kunjungi syar'ie blogmaker dan beli domain disana. Keuntungan beli domain dari syar'ie blogmaker selain harganya murah cuma 90ribu/tahun untuk custom domain blogspot juga ada panduan-panduan lengkap bagaimana cara setting custom domain blogger.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Wassalam,
Kang Asep Sule


Posted by: Kang Asep Sule, at 05.17

16 komentar:

Poskan Komentar