Halaman Blog Kang Asep Sule

Cara Edit Judul Posting Blogspot berbeda dengan URL

Tutorial Blog kali ini membahas tentang cara membuat judul postingan di blogspot berbeda dengan URLnya. Bagi yang belum mengerti tutorial ini, Kang Asep Sule berbaik hati akan menjelaskan sedikit apa maksud dari judul "Cara Mengedit Judul Posting Blogspot berbeda dengan URL".

Salah satu kekurangan blogspot dibandingkan wordpress adalah masalah URL postingan. Untuk blogspot, setiap kali kita posting suatu artikel maka URL yang terbentuk adalah otomatis dibuatkan oleh blogger sesuai dengan judul artikel. Sedangkan di wordpress, URL postingan bisa dibuat semau kita sendiri tanpa memperdulikan judul dan URLnya pun bisa panjang tanpa terpotong seperti di blogspot.
URL di blogspot terpotong? Ya, Mungkin ada yang belum 'ngeh' kalo URL postingan di blogspot itu ternyata panjangnya hanya bisa maksimal sekitar 85 karakter saja. Contohnya ada postingan di blog kang asep sule ini dengan judul : "Cara Menambahkan Meta Keyword dan Meta Description di Blogspot"
adapun URL yang terbentuk dari judul tersebut adalah seperti ini :
http://kangasepsule.blogspot.com/2012/03/cara-menambahkan-meta-keyword-dan-meta.html (84 karakter)
Satu lagi contoh judul postingan lainnya:
"Cara Edit Judul Blogspot agar SEO Friendly : Mengubah tag Judul"
URL yang terbentuk :
http://kangasepsule.blogspot.com/2012/03/cara-edit-judul-blogspot-agar-seo.html (79 karakter)

Akhirnya URL menjadi terpotong karena tidak bisa sepanjang judul. Lalu bisakah URL tidak terpotong dan bisa seperti judul? Jawabnya.. bisa asalkan judulnya jangan panjang-panjang (he he he).

Kembali ke tutorial cara edit judul agar berbeda dengan URL di blogspot.

Sebenarnya ini tips sederhana saja namun mungkin rekan blogger ada yang belum sadar kalo ternyata URL bisa berbeda dari judul. Caranya adalah dengan mengedit judul posting yang sudah terpublish.

Misal kita akan membuat judul posting :
"Cara Efektif Beternak Tuyul Agar Menghasilkan Uang Yang Banyak Biar Cepat Kaya"
Judul panjang tersebut pasti akan terpotong menjadi : 
http://blog*agan.blogspot.com/2012/03/cara-efektif-beternak-tuyul-agar.html

Ga enak kan kalo terpotong gitu? Tips nya yaitu jangan dulu gunakan judul yang panjang saat publish/terbitkan postingan agar URL tidak terpotong. Dari judul panjang "Cara Efektif Beternak Tuyul Agar Menghasilkan Uang Yang Banyak Biar Cepat Kaya" bisa disingkat dulu misal menjadi "Cara Ternak Tuyul biar Cepat Kaya" maka URL yang terbentuk akan menjadi "http://blog*agan.blogspot.com/2012/03/cara-ternak-tuyul-biar-cepat-kaya.html". Setelah terpublish, segera ganti judulnya dengan judul panjang tadi yaitu "Cara Efektif Beternak Tuyul Agar Menghasilkan Uang Yang Banyak Biar Cepat Kaya" maka akhirnya kita punya postingan dengan judul dan URL berbeda.

Salah satu contoh posting yang berbeda judul dan URL di blog kang asep sule adalah yang ini : 

Posted by: Kang Asep Sule, at 17.55

10 komentar:

Poskan Komentar