Halaman Blog Kang Asep Sule

Cara Posting Otomatis dari Blog Ke Facebook


Facebook, sampai saat ini masih menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk menjaring visitor ke blog apalagi bila blogger memposting artikel dengan judul dan konten yang menarik pastinya akan banyak sekali yang berkunjung ke blog dari facebook melalui link yang dishare.

Share URL postingan blog ke Facebook bisa dilakukan secara manual maupun otomatis. Untuk share manual tentu saja semuanya sudah bisa apalagi yang sering facebook-an pastinya sudah sering melakukan sharing URL suatu situs/blog ke facebook.

Tutorial berikut akan menjelaskan cara share otomatis dari blog ke Facebook. Dengan share otomatis, maka blogger cukup melakukan penyetingan sekali saja pada akun Facebooknya dan selanjutnya URL postingan akan ter-share secara otomatis beberapa menit setelah blogger mengklik tombol "Publish" / "Terbitkan" tanpa perlu masuk akun Facebook sama sekali. 

Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk posting otomatis dari blog ke Facebook, namun pada tutorial kali ini akan digunakan RSS Grafitti yang sudah cukup populer dikalangan para blogger.

Berikut tutorial Cara Posting Otomatis Dari Blog Ke Facebook:
  1. Login ke facebook dulu gan.
  2. Kalo udah masuk, buka alamat berikut : http://apps.facebook.com/rssgraffiti/
  3. Muncul halaman awal RSS Grafitti seperti gambar berikut:

  1. Klik +Add Feed, akan muncul form seperti berikut:

  1. Isi alamat URL Feed blog yang akan diposting otomatis ke facebook pada kolom Feed URL
    1. Feed default blogspot : http://alamatblog.blogspot.com/feeds/posts/default
    2. Feed default wordpress : http://www.alamatblog.com/feed
    3. Feed default opencart: http://www.alamatblog.com/index.php?route=feed/google_base
    4. Yang lain? Silahkan cari sendiri. (ganti alamatblog diatas dengan alamat blog sobat)
  2. Klik "click here to fetch and preview" setelah mengisi URL Feed untuk mengecek salah atau benar alamat Feed yang dimasukkan.
  3. Source Nama, isi dengan Judul Feed (biasanya akan terisi otomatis)
  4. Source URL, isi dengan alamat blog yang diposting otomatis
  5. Pilihan yang dibawah, pilih saja standar
  6. Klik Tab Schedule, Pilih berapa kali postingan di update ke facebook (Pilih as soon as possible bila ingin langsung terposting ke facebook).

  1. Klik tombol “Save” yang ada diatas.
  2. Selesai.

Dengan memanfaatkan RSS Grafitti ini, setiap kita posting di blog maka akan otomatis ter-share ke Facebook (mengirim ke dinding/profil kita).

Demikian tutorial cara posting otomatis dari blog ke Facebook, semoga bermanfaat dan seperti biasa bila ada pertanyaan, koreksi, unek-unek, atau tanya nomer rekening mungkin (he he he) silahkan langsung konen aja dibawah bisa komen Blogger maupun komen Facebook.

Posted by: Kang Asep Sule, at 20.58

26 komentar:

Poskan Komentar