Halaman Blog Kang Asep Sule

Etika Copy Paste Artikel Blog oleh Blogger Tukang Kopas

Copy paste alias kopas artikel blog tak bisa dipungkiri ternyata masih marak dikalangan para blogger (Indonesia khususnya). Untuk blog kang asep sendiri, sudah beberapa kali ditemukan blogger lain yang 'tertangkap basah' melakukan kopas artikel tanpa sepengatahuan, tanpa pemberitahuan, tanpa ijin, dan tanpa menyertakan link sumber. Hal ini tentu saja sedikit banyaknya membuat ane sebagai penulis asli merasa ga enak ati karena sudah cape-cape nulis dan susah-susah mencari inspriasi untuk membuat sebuah tulisan malah seenaknya saja dikopas sama blogger tukang kopas.

Sebenarnya, ane sendiri TIDAK KEBERATAN bila artikel dikopas full [dari judul sampai titik tulisan penghabisan tak diedit sehuruf pun] asal menyertakan link sumber [bila diposting ulang diblog lain]. Dan juga asal bermanfaat bagi yg kopas. Apalagi untuk artikel-artikel tutorial seperti salah satu contohnya yaitu postingan tentang contoh sederhana program C++. Ane merasa lega dan bersyukur kalo ada yang merasa terbantu dengan tulisan-tulisan ane yang dishare diblog ini karena memang asal muasal, niat utama dan pertama dibuatnya blog kang asep sule ini adalah untuk berbagi ilmu.

Untuk blogger tukang kopas full yang tidak menyertakan link sumber dan yang tidak ada permisi mau kopas, alasan yang mungkin masuk akal menurut ane kenapa bloger tukang kopas berbuat demikian antar lain :
  • karena blogger tukang kopas males, daripada cape-cape ketak-ketik bikin artikel mending pake aja yang udah jadi
  • karena blogger tukang kopas iri, liat orang bisa nulis artikel dia sendiri ga bisa. Kalo seo blog tukang kopas lebih bagus, kan bisa-bisa blog with original konten malah dibawah blog kopaster di Google-nya
  • karena artikel-artikel [tutorial] dari blog kang asep sule bagus, mantap, original, dan unik [PD aj lagi] jadinya pada ngopas deh. dan satu lagi
  • karena blogger tukang kopas bloon :-), ga punya ilmu apa-apa buat dishare diblognya, taunya cuma bikin blog doang. Jadinya, untuk 'ngasih makan' blognya terpaksa merebut konten orang tanpa permisi.
Apa kang asep sule ga pernah kopas? Jujur ane juga tak bisa menghindari kopas terutama untuk postingan-postingan berita selebrity [ane kan bukan wartawan]. Tapi cara kopasnya gini : kopas ke notepad, edit tulisan biar jadi unik, paste ke blog, publish dengan tetap menyertakan link sumber berita. Atau ada juga yang kopas full seperti UMK 2012 Jawa Barat, lha masa data UMK mesti di edit??? ntar malah jadi menyebarkan berita bohong dong??? Untuk yang kopas full seperti itu, 2 paragraf pertama tetep harus bikin artikel sendiri yang biasanya menulis opini/pendapat pribadi terkait berita yang diterbitkan.

Semoga postingan ini bisa menginspirasi blogger Indonesia untuk lebih rajin lagi menulis konten asli hasil karya sendiri dan berhenti jadi blogger tukang kopas.

Posted by: Kang Asep Sule, at 15.50

2 komentar:

Chabib Musthofa El Qudsy mengatakan...

Bagiku, seorang "PLAGIAT/PENJIPLAK" tak ubahnya seperti para koruptor yang harus dihukum pancung demi kenyamanan negeri ini. :)

Unknown mengatakan...

Setuju kang, mengcopas itu sama dengan membajak .. boleh copas namun seharusnya isinya berbeda namun tujuannya tetap sama :D

Sukses teruss ^^

Posting Komentar