Halaman Blog Kang Asep Sule

Domain co.cc kembali di index Google

Belum banyak yang tahu bahwa domain gratis .co.cc kembali di index Google.

Siapa yang tak kenal domain gratisan .co.cc? dengan domain gratis dari www.co.cc, URL blog yang sebelumnya panjang seperti http://inibloggue.blogspot.com menjadi http://inibloggue.co.cc.

Ane sendiri tahu dari grup Belajar Bisnis Online BBO di Facebook, ada yang share info bahwa domain co.cc kembali di index Google. Langsung cek ke TKP, ternyata benar domain co.cc sudah nongol lagi dari hasil pencarian Google.

Hampir semua blogger pernah mencoba domain gratis dari co.cc. Siapa yang tak ingin dapat gratisan? Namun sayang, Juli 2011, domain co.cc ternyata bernasib apes. Dianggap banyak yang menggunakan domain co.cc untuk spam, maka Google memutuskan melakukan deindex domain co.cc dari database pencarian Google.
Bukannya memblok website-website spamnya saja, Google malah memblok semua domain co.cc, sungguh langkah yang keliru. Harusnya Google belajar dari pepatah lama “untuk membasmi tikus dalam rumah, maka tak perlu membakar semua rumahnya”.

Tak tahu pasti kapan tepatnya domain co.cc di index lagi dari pencarian Google setelah sebelumnya sekitar bulan Juni lalu domain co.cc hilang dari peredaran Google. Saat domain co.cc di deindex Google, bila kita mengetikkan kata kunci yang mengandung “.co.cc”, maka tidak ada satu blog / website pun dengan domain .co.cc yang muncul dari hasil pencarian Google. Itula saat-saat dimana para pemilik website dengan domain co.cc merasa kecewa dengan keputusan sepihak dari Google,

Tapi sekarang Google rupanya sudah berbaik hati lagi kepada domain co.cc yaitu dengan mengembalikan domain co.cc ke database pencarian mereka. Mudah-mudahan tak ada deindex lagi ke depannya.

Kejadian deindex domain co.cc oleh Google seharusnya menjadi pelajaran bagi seluruh blogger di seluruh dunia agar lebih bijaksana lagi dalam menggunakan domain-domain gratisan seperti domain co.cc, jangan mentang-mentang gratis lantas seenaknya saja dipake hal-hal yang merugikan banyak orang. Sebenarnya ada domain-domain gratisan lain selain co.cc yang sekarang masih dalam penjara deindex Google seperti domain cz.cc. Selain di deindex Google, domain cz.cc juga di blok oleh Facebook karena kasus yang sama yaitu dianggap spam.

Posted by: Kang Asep Sule, at 02.34

4 komentar:

Posting Komentar