Halaman Blog Kang Asep Sule

4 Tips Membeli Rumah

Membeli rumah atau properti merupakan salah satu hal penting dalam sebuah keluarga terlebih bagi pasangan yang baru saja menikah dan ingin segera pisah rumah dengan orang tua atau mertua. Membeli rumah juga tak hanya dilakukan pasangan pengantin baru, yang sudah lama berkeluarga pun dengan berbagai alasan bisa saja membeli rumah, misalnya karena suami pindah tempat kerja, dan lain-lain.

Terkadang atau bahkan sering kali, membuat keputusan untuk membeli rumah menjadi sebuah keputusan besar yang harus dibuat oleh seseorang. Hal ini dikarenakan bila salah dalam memilih rumah atau properti maka bukannya kenyamanan yang Anda dapat tapi malah kerugian dan penyesalan yang ada.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih properti yang cocok untuk Anda, sebaiknya gunakan jasa agen properti, namun sebelum itu simak 4 tips membeli rumah berikut yang patut dipraktekkan agar Anda tidak menyesal dikemudian hari:


1. Menentukan Budget dari Awal
4 Tips Membeli Rumah

Penentuan budget memang seharusnya yang pertama dipikirkan dalam membeli rumah yaitu berapa harga rumah yang akan Anda beli. Selain dari harga rumah, Anda perlu menganggarkan dana tunai yang harus Anda keluarkan untuk keperluan transaksi jual beli properti. Dana yang timbul dari transaksi jual beli properti misalnya biaya pajak, biaya notaris, dan biaya-biaya lain yang harus Anda perhitungkan dari awal.
Selain menyiapkan budget untuk membeli rumah dan menyiapkan dana tunai untuk pengurusan biaya-biaya transaksi, Anda juga jangan lupa untuk menganggarkan bugdet untuk hal-hal diluar dugaan misalnya untuk perbaikan atau renovasi yang biasanya membutuhkan dana yang tidak sedikit.
Saat menggunakan jasa broker properti, jangan ragu untuk memberitahukan berapa dana maksimal yang Anda anggarkan. Carilah broker properti profesional di Indonesia.

2. Menentukan Kebutuhan Anda
Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, maka dari itu memilih rumah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda merupakan hal yang harus Anda tentukan. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu saat mencari rumah yang sesuai untuk Anda.
Buatlah daftar yang spesifik atau detail tentang bagaimana kebutuhan properti Anda. Tentukan berapa tipe rumah dan tanah yang ingin Anda beli? Berapa jumlah kamar yang diperlukan? Berapa lantai rumah yang Anda butuhkan? Dan lain sebagainya.
Seorang broker properti rumah biasanya menanyakan hal ini juga kepada Anda agar Anda mendapatkan rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Menentukan Lokasi
Menentukan lokasi rumah sebenarnya berhubungan dengan bagaimana penggunaan properti yang akan Anda beli nanti? Apakah rumah Anda hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja atau rumah Anda difungsikan sebagai tempat usaha juga? Kedua kondisi tesebut tentu menentukan lokasi yang berbeda.

4. Pilih Jasa Broker Properti Professional
Broker properti dapat membantu Anda dalam memilih dan mencarikan properti yang cocok untuk Anda. Namun karena banyaknya broker properti yang ada, memilih broker properti profesional selayaknya menjadi prioritas Anda.
Demikian artikel tentang 4 tips membeli rumah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda khususnya yang mau beli rumah atau properti.


Terima kasih telah berkunjung ke blog Kang Asep Sule.

Posted by: Kang Asep Sule, at 23.12

3 komentar:

Posting Komentar