Halaman Blog Kang Asep Sule

Sejarah Singkat Linux (1)

Richard M. Stallman
Posting tentang Sejarah Singkat Linux ini sengaja saya tulis karena Linux adalah sistem operasi yang saya pakai selama ini. Mulai dari Ubuntu, Sabily, Fedora, Slax, LinuxMint, dan distro linux lainnya pernah saya coba, namun yang masih nempel dilaptop saya sampe sekarang adalah Ubuntu 10.10 dan Kororaa 15.

Bagi Anda yang baru menggunakan linux, ada baiknya anda mengetahui bagaimana  sejarahnya linux lahir, dan mudah-mudahan sejarah linux yang saya tulis ini  bisa menambah wawasana Anda tentang sejarah singkat linux.
Karena terlalu panjang, tulisan tentang sejarah singkat linux ini saya bagi ke dalam 2 postingan agar lebih mudah dibaca dan di fahami. Happy Reading ....!


Pada tahun 1983 Richard M. Stallman menggagaskan ide bahwa sebuah software itu  harus bersifat free. Free disini bukan berarti gratis, tetapi bebas,  bebas dalam arti siapapun bebas menjalankan program tersebut, bebas  untuk memepelajari source code, dan merubahnya sesuai yang diinginkan, bebas  untuk membuat dan medistribusikan program tersebut, dan bebas  memodifikasi software tersebut. Dibawah ini adalah kutipan  yang saya kutip dari situs The Hacker Webzine saat Richard M. Stallman di interview  oleh Ronald Van Den Heetkamp. :
“....If the program doesn't respect these freedoms, then using it puts you under the  power of its developer. By moving to free software, such as the GNU/Linux system,  you can live in freedom. “

Dengan gagasan tersebut tentunya sangat bertolak belakang dengan apa yang kita  kenal dengan nama Copyright. Sejak Richard M. Stallman menggagas  ide free software lahirlah suatu nama pesaing Copyright yaitu Copyleft yang berarti  kebalikannya. Richard M. Stallman adalah pencetus sistem operasi GNU/Linux,  aplikasi yang dibuat oleh Richard M. Stallman antara lain GNU Compiler (GCC), GNU  Debugger (GDB) dan salah satu yang sangat terkenal yaitu Emacs.

Posted by: Kang Asep Sule, at 09.19

0 komentar:

Posting Komentar