Halaman Blog Kang Asep Sule

Tips Sederhana Menghadapi Ujian CPNS agar Lulus Tanpa Syarat

Berprofesi sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) menjadi impian banyak orang. Banyak faktor pertimbangan seseorang memutuskan untuk ngotot ingin menjadi PNS, salah satunya (katanya) karena gaji besar tapi kerja lebih santai dibanding kerja di perusahaan swasta.

Untuk menjadi PNS, seorang CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) harus menjalani serangkaian tes yang diselenggarakan oleh instansi terkait. Salah satunya adalah tes atau ujian tertulis yaitu mengerjakan soal-soal pilihan baik soal pengetahuan umum ataupun soal pengetahuan khusus. Selain tes tulis, ada juga tes wawancara dan tes kemampuan khusus bila diperlukan.

Tips hadapi tes ujian CPNS:
  • Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam) saat belajar mengerjakan contoh soal CPNS. Sebaiknya Anda mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum hari H ujian. Perbanyak latihan mengerjakan contoh-contoh soal tes CPNS baik dari buku atau download dari Internet.
  • Ketahui dengan benar instansi atau dinas yang mengadakan tes CPNS. Ada kalanya ujian tes tulis maupun wawancara berhubungan dengan instansi tersebut.
  • Selalu berlaku jujur, teliti, dan fokus terutama saat tes wawancara. Gerak-gerik dan sikap menjadi penilaian tersendiri dalam wawancara selain jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Sikap jujur harus selalu dijunjung tinggi karena ini akan menjadi gambaran perilaku mendatang bila sudah menjadi PNS.
  • Selalu up to date dengan informasi-informasi terkini seputar CPNS. Informasi tersebut bisa berupa informasi lowongan CPNS terbaru, prediksi soal CPNS yang akan datang, atau informasi lain yang berhubungan dengan CPNS.

Semoga tips sederhana diatas bisa menambah wawasan bagi yang akan mengikuti tes CPNS. Selamat berjuang, semoga lulus jadi PNS, dan tetap pegang teguh kejujuran, jangan korupsi bila sudah jadi PNS.

Posted by: Kang Asep Sule, at 04.29

1 komentar:

Posting Komentar