Halaman Blog Kang Asep Sule

Rumah Baca Sindangkarya Karawang, Tanamkan Minat Baca Sedari Dini

Dibanding negara lain di dunia seperti Jepang misalnya, Indonesia memang masih kalah dalam hal minat membaca. Tak banyak orang disekitar kita yang ketika ditanya apa hobi kamu?, latas menjawab "Hoby saya membaca". Meski bukan hoby favorit, mau tidak mau, membaca tetap harus dilakukan bagi siapapun yang ingin belajar dan menambah ilmu serta wawasan. Seperti disebutkan dalam pepatah yang mungkin sering kita dengar, "buku adalah gudangnya ilmu, sedangkan membaca adalah kuncinya". Bagaimana mungkin seseorang bisa memasuki gudang ilmu bila tidak bisa memiliki kunci masuknya.

Memiliki minat baca yang tinggi diusia remaja atau dewasa tidak datang dengan sendirinya, maka dari itu perlu ditanamkan keinginan untuk membaca sejak usia dini. Mungkin yang awalnya agak sedikit dipaksa, kemudian mulai timbul dari keinginan sendiri, hingga akhirnya merasa bahwa membaca adalah suatu kebutuhan dan bukan keterpaksaan. Sehari tanpa membaca, sama artinya dengan sehari tanpa makan. Begitu kira-kira perumpamaannya bila sudah melekat perasaan membaca adalah suatu kebutuhan, bukan keterpaksaan.

Dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan minat baca sejak usia dini, Kang Kosasih, blogger yang juga sehari-hari berprofesi sebagai karyawan sebuah perusahaan swasta, mempelopori berdirinya Rumah Baca Sindang Karya yang berlokasi di Dusun Babakanloa Rt.11/04 Desa Sindangkarya Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang.

Anak-anak di Rumah Baca Sindangkarya
Berdiri sejak bulan Oktober 2012, Rumah Baca Sindang Karya mulai berjalan meski sarana dan prasarana masih terbatas. Diteras depan rumah Kang Kosasih, dengan koleksi buku-buku yang belum begitu banyak, Rumah Baca Sindangkarya hari demi hari semakin ramai dikunjungi anak-anak yang ingin membaca buku-buku yang ada disana.

Dikutip dari blog Rumah Baca Sindang Karya (http://www.rumah-baca-sindangkarya.com), Kang Kosasih menuturkan pembentukan Rumah Baca Sindangkarya sebagai berikut:
"Berawal dari keinginan kami yang sederhana. Tidak untuk mengubah dunia tapi sekedar memfasilitasi masyarakat sekitar yang ada Di dusun Babakan Loa Desa Sindangkarya, terutama untuk anak-anak, agar mereka bisa belajar, membaca, bermain atau berkarya di luar jam-jam sekolah atau mengaji."

Tujuan dibentuknya Rumah Baca Sindangkarya:
  1. Menanamkan budaya baca dikalangan Masyarakat
  2. Pendidikan Luar Sekolah gratis bagi-anak-anak

Kegiatan yang diadakan Rumah Baca Sindangkarya:
  1. Menyediakan buku bacaan untuk semua kalangan untuk dibaca di tempat
  2. Menyelenggarakan kegiatan menggambar, melukis, mewarnai, mengarang dll
  3. Dongeng untuk anak-anak
  4. Kunjungan edukasi ke tempat bersejarah atau ke tempat tertentu dimana ada fasilitas belajar & Bermain
  5. Menyelenggarakan kursus bahasa inggris gratis ( English For Kids )
  6. Mengadakan Bakti Sosial di lingkungan setempat
  7. Turut serta dalam kegiatan-kegitan seperti Perayaan Hari Besar dll
Saat ini, Rumah Baca Sindangkarya masih banyak keterbatasan dan kekurangan. Oleh karena itu, sangat diperlukan bantuan dari berbagai pihak terutama yang peduli dengan dunia pendidikan untuk kemajuan dimasa depan.

Blogger Karawang menyumbangkan buku untuk Rumah Baca Sindangkarya

Mojang Jajaka Karawang menyumbangkan buku untuk Rumah Baca Sindangkarya
 
Untuk Anda yang ingin menyumbangkan buku, bantuan sarana dan prasarana, atau dukungan berupa apapun bisa menghubungi alamat kontak berikut:

Rumah Baca Sindangkarya
a/n Bp. Kosasih
Dusun Babakanloa Rt.11/04 Desa Sindangkarya Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang. 41358
Phone : 085716388523
e-mail : kosasih79@gmail.com
fb : www.facebook.com/kosasih79
website : http://www.rumah-baca-sindangkarya.com

Bank
Bank BNI Cab Karawang
No. Rekening : 0186921814
a/n.  Bpk Kosasih

Bantuan Anda tentunya akan sangat berarti untuk kemajuan Rumah Baca Sindangkarya khususnya dan untuk kemajuan dunia pendidikan anak Indonesia pada umumnya.

Posted by: Kang Asep Sule, at 04.53

0 komentar:

Posting Komentar