Halaman Blog Kang Asep Sule

Tips Cara Total Berhenti Merokok Dan Tidak Tergoda Untuk Merokok Lagi


Bagi perokok baru mungkin tak terlalu susah untuk berhenti merokok. Lain halnya dengan perokok lama yang sudah menjadi pecandu berat, pasti sulit untuk melepaskan diri dari rokok.
Banyak sekali orang yang ingin berhenti merokok tapi selalu saja gagal dalam usahanya. Berbagai cara telah dilakukan untuk berhenti merokok namun usaha tersebut kadang tidak juga membuahkan hasil. Ada yang tidak bisa berhenti sama sekali, ada juga yang "sempat" bisa berhenti namun kembali tergoda untuk merokok lagi dikemudian hari. 

Cara terbaik untuk berhenti merokok adalah berhenti sama sekali, tidak berhenti secara bertahap.


Berikut ini tips-tips untuk berhenti merokok yang bisa dicoba untuk dipraktekkan
  1. Tentukan tanggal untuk total berhenti merokok sama sekali. Konsisten denngan tanggal tersebut
  2. Buat diri Anda sibuk untuk membantu diri sendiri dalam usaha berhenti merokok pada beberapa hari pertama. Buang semua asbak (tempat abu rokok), korek untuk menyalakan rokok, dan lain sabagainya.
  3. Perbanyak minum air dan lakukan secara terus menerus
  4. Usahakan tubuh banyak bergerak untuk membantu Anda rileks. Lakukan olahraga, jalan-jalan, atau pergi berenang.
  5. Selalu berfikir positif. Gejala-gejala awal berhenti merokok meskipun tidak menyenangkan harus Anda terima dengan lapang dada. Gejala umum yang terjadi biasanya sakit kepala, sakit tenggorokan, mudah marah, dan lainnya. Semua gejala ini umumnya akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu satu atau dua minggu.
  6. Ganti rutinitas Anda untuk menghindari rokok. Misalnya jika Anda biasanya setelah makan siang berbincang-bincang dengan teman kerja sambil merokok, maka ganti dengan misalnya membaca koran atau majalah di ruang bebas asap rokok.
  7. Jangan mencari-cari alasan untuk merokok kembali. Kepepet atau untuk merayakan sesuatu bukan alasan untuk merokok meski satu batang saja. Ingat! satu batang ini akan disusul dengan batang demi batang rokok lainnya.
  8. Gunakan uang yang biasa dibelikan rokok untuk membeli benda lain yang lebih bermanfaat.
  9. Perbanyak makan buah sebagai pengganti sncak/jajanan berlemak jika Anda merasa lapar
  10. Ingat selalu dalam satu hari penuh bahwa Anda akan selalu membawa kabar baik bagi kesehatan, keluarga, dan kantong Anda
  11. Jangan lupa berdoa memohon kepada Yang Maha Kuasa agar Anda diberi kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan usaha Anda untuk berhenti merokok


Demikian tips-tips untuk berhenti merokok, semoga bermanfaat dan selamat berjuang meninggalkan kebiasaan merokok.

Posted by: Kang Asep Sule, at 12.22

2 komentar:

Posting Komentar