Halaman Blog Kang Asep Sule

Siapa Yang Masih Ingat dengan Teks Pancasila?


Pancasila yang merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia gemanya tak selantang zaman dulu. Betapa tidak, banyak masyarakat Warga Negara Indonesia yang tak hafal dengan teks Pancasila. Terlebih lagi, kalangan pelajar dan mahasiswapun kadang ada juga yang tak hapal teks Pancasila meski hanya 5 butir. Lima butir saja tidak hapal, apalagi misalnya 100 butir??? 

Berbagai alasan dilontarkan oleh beberapa orang yang tidak hapal teks Pancasila saat ditanya kenapa tidak hapal Pancasila. Sebagian besar menjawab lupa karena tak pernah dibaca maupun mendengar.
Dikalangan pelajar, Pancasila biasanya dibacakan seminggu sekali pada upacara bendera setiap hari senin. Dengan begitu, seharusnya tak ada alasan bagi pelajar untuk tidak hapal teks Pancasila. Tapi begitulah kondisi yang saat ini terjadi.

Tulisan tentang Pancasila ini terinspirasi saat saya baca-baca buku SD anak saya ternyata ada satu mata pelajaran yang dulu waktu saya sekolah namanya PMP (Pendidikan Moral Pancasila) kemudian berubah menjadi PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) tapi sekarang menjadi PKN (Pendidikan Kewarga Negaraan). Trus, kemana "Pancasila" nya? Ay dont now deh.

Untuk sementara ini, bagi yang belum hapal, sudah lupa, lupa-lupa ingat, atau pura-pura lupa dengan teks Pancasila, silahkan dibaca berulang-ulang teks Pancasila berikut sampai hapal. Dengan tahu, hapal, mengerti, dan mengamalkan dasar negara diharapkan menumbuhkan kecintaan terhadap tanah air Indonesia yang saat ini semakin pudar terutama dikalangan muda-mudi harapan bangsa.

PANCASILA
  1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
  2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
  3. PERSATUAN INDONESIA
  4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN / PERWAKILAN
  5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA


nah, itulah Pancasila. Jangan sampai lupa lagi ya!
Insya Allah, dilain waktu akan disambung lagi tulisan tentang Pancasila ini..


Posted by: Kang Asep Sule, at 23.19

1 komentar:

Posting Komentar