Halaman Blog Kang Asep Sule

Konsep Pemrograman Rekursif Permainan Menara Hanoi

Konsep permainan menara Hanoi termasuk kedalam struktur rekursif dalam algoritma dan pemrograman. Struktur Rekursif adalah suatu proses yang bisa memanggil dirinya sendiri secara berulang hingga masalah terselesaikan.
 

Sobat pasti sudah mengenal permainan menara Hanoi, yaitu permainan memindahkan sejumlah piringan dari satu tiang ke tiang lainnya dengan aturan-aturan tertentu.

Bila jumlah pirangan sedikit, misal tiga, pasti mudah untuk bermain menara hanoi. Namun bila jumlah piringan banyak, akan sulit sekali logika untuk memindahkan piringan demi piringan hingga terbentuk kembali menara hanoi seperti semula di tiang yang berbeda.


Nah, untuk menyelesaikan permainan menara hanoi bisa menggunakan program yang kita buat dengan C++. Tinggal input jumlah cakram atau piringan yang digunakan dalam permainan, maka akan ditampilkan langkah-langkah tercepat untuk menyelesaikan permainan menara hanoi.

Tujuan dari permainan menara hanoi adalah memindahkan n buah piringan dari tiang A ke tiang C menggunakan tiang B sebagai tiang bantu. Dan piringan yang besar tidak boleh berada di atas piringan yang kecil.

Konsep Pemrogaman Rekursif Menara Hanoi
  • Jika n=1, maka langsung pindahkan saja piringan dari tiang A ke tiang C & selesai.
  • Pindahkan n-1 piringan yg paling atas dari tiang A ke tiang B.
  • Pindahkan piringan ke n (piringan terakhir) dari tiang A
  • ketiang C
  • Pindahkan n-1 piringan dari tiang B ke tiang C.
Lanjut ke tulisan selanjutnya untuk melihat kode program C++ menara hanoi.

Posted by: Kang Asep Sule, at 20.25

0 komentar:

Poskan Komentar