Halaman Blog Kang Asep Sule

Waspadai Bahaya Penyakit di Musim Hujan dengan PHBS

Tahun baru Imlek selalu identik dengan musim hujan, entah dari mana asalnya apakah memang ada pengaruhnya atau tidak yang jelas dimusim hujan banyak sekali penyakit-penyakit yang bila kita tidak waspada maka akan menyerang tubuh kita.

Bagi orang-orang tertentu, musim hujan bisa menjadi berkah dan bagi sebagian lainnya musim hujan justru menjadi masalah. Terlebih didaerah-daerah rawan banjir, musim hujan mungkin musim “suram” bagi kehidupan mereka. Selain karena rumah tergenang air, ditambah lagi berbagai penyakit musim hujan siap mengancam kesehatan.

Lalu apa saja penyakit yang biasanya muncul dimusim hujan dan perlu kita waspadai? Menurut Tjandra Yoga Aditama dari Dirjen Pengendalian dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, seperti dilansir Liputan6 mengatakan bahwa penyakit yang muncul dimusim hujan biasanya disebabkan oleh bakteri dan parasit terlebih didaerah rawan banjir. Saat banjir, kuman dari “septic tank” dan kotoran hewat terbawa hanyut oleh arus air sehingga bisa mengkontaminasi bahan-bahan pangan, sumber air minum, maupun langsung menginfeksi manusia.
Waspada Penyakit Musim Hujan

Dampak dari hal tersebut, penyakit yang bisa timbul adalah diare, cacingan, atau bahkan leptospirosis. Demam berdarah juga sering kali menjadi ancaman bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah karena saat musim hujan nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak pesat.

Untuk mengatasi dan mencegah terserang penyakit saat musim hujan, sangat disarankan agar masyarakat menerapkan pola PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) terutama saat menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan sabun, gunakan jamban sehat, berantas jentik nyamuk di semua tempat (rumah, sekolah, kantor, dan lingkungan sekitar).

Selain itu, guna menjaga kestabilan data tahan tubuh sangat disarankan banyak memimun air putih yang cukup, buah-buahan dan sayuran sehat tiap hari. Untuk menghidari infeksi leptospira, selalu gunakan alat-alat pelindung seperti masker dan sepatu boot saat terjadi banjir. Infeksi leptospira bisa menyebabkan pembesaran limpa, jaundice, dan nefritis.



Posted by: Kang Asep Sule, at 06.48

4 komentar:

Goyang Karawang mengatakan...

nah kalo penyakit khusus untuk blogger di musim hujan kira2 apa ya pak bos? :D

Asep Sulaeman mengatakan...

@goyangkarawang: musim hujan buat blogger, ta usah waspadai penyakit, yg perlu diwaspadai adalah amankan modem spidol jgn ampe kesamber gledeg

Kang Onk mengatakan...

Semoga aja gak seperti yang dibayangkan...

Tukeran link yuk?

Bokep Indonesia mengatakan...

bener gan,klaupun ada pnyakit yg mewabah semoga bisa diatasi

Posting Komentar