Halaman Blog Kang Asep Sule

Definisi Breadcrumb dan Fungsi Breadcrumb di Blog

Apa itu breadcrumb? Bagi yang belum tau apa itu breadcrumb di blog? Silahkan lihat dibawah judul postingan ini dan postingan lainnya di blog kang asep sule ini, akan ada semacam navigasi yang menginformasikan keberadaan lokasi postingan yang aktif. Breadcrumb untuk postingan ini adalah :


Definisi breadcrumb menurut wikipedia adalah seperti berikut ini :
Breadcrumbs biasanya muncul secara horizontal di bagian atas sebuah halaman web, biasanya ada di bawah bar judul atau header. Breadcrumbs menyediakan link penghubung kembali ke halaman sebelumnya setiap user menavigasi antar link untuk menuju ke halaman yang aktif atau halaman induk dari halaman yang aktif. Breadcrumbs memberikan jejak bagi pengguna untuk mengikuti kembali ke titik awal atau entri. Sebuah tanda yang lebih besar dari (>) sering berfungsi sebagai pemisah hirarki, meskipun dapat menggunakan simbol lainnya (seperti »atau>), serta beragam grafik.
Breadcrumbs biasanya terlihat seperti ini:
Home page> Nama Kategori> Judul Postingan
atau
Home page: Nama Kategori: Judul Postingan

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Breadcrumb_(navigation) yang di translate ke bahasa Indonesa dengan bantuan Google translate (sepertinya, untuk definisi breadcrumb ini belum ada bahasa Indonesianya)

Fungsi dari breadcrumb pada blog adalah untuk mengetahui sedang dihalaman mana sekarang pengunjung berada. Dengan breadcrumb, maka urusan navigasi link bisa lebih mudah. Selain itu, breadcrumb juga sangat baik untuk SEO blog karena memperkaya kata kunci dalam postingan. Hal ini terbukti dari beberapa postingan blog kang asep sule yang muncul di halaman awal google, ternyata di pengaruhi juga oleh keberadaan breadcrumb ini.

Saya sendiri tahu breadcrumb saat dulu menggunakan wordpress. Untuk pasang breadcrumb di wordpress sangat mudah, cukup install plugin breadcrumb, selesai urusan. Tapi harus wordpress yang diinstall di hosting, bukan wordpress.com karena di wordpress.com tidak bisa memasang plugin.
Untuk memasang plugin breadcrumb di wordpress, langsung saja download dan install plugin breadcrumb dari wordpress.org, silahkan pilih breadcrumb yang ada di database plugin wordpress.org.
Demikian sekilas mengenai definisi dan fungsu breadcrumb, semoga bisa dimengerti.

Untuk membuat breadcrumb di blogspot, silahkan menuju postingan lainnya tentang cara membuat breadcrumb di blogspot.

Posted by: Kang Asep Sule, at 22.30

18 komentar:

Posting Komentar