Halaman Blog Kang Asep Sule

Pengenalan JavaScript


Setelah posting tentang belajar tag-tag dasar HTML, maka untuk kelengkapan administrasi ( :-) ) saya juga berkewajiban memposting tentang belajar JavaScript. Karena HTML tanpa JavaScript bagaikan garam tanpa sayur (kebalik ya?)

Sebagai calon webmaster, bahasa scripting yang wajib diketahui selain HTML adalah JavaScript. HTML berfungsi menampilkan halaman-halaman statis, sedangkan JavaScript bisa digunakan untuk mengajak user atau pengunjung web berinteraksi dengan halaman web.

Mungkin anda pernah mengisi formulir di suatu web lalu Anda lupa mengisi salah satu isian pada form tersebut maka akan keluar alert/peringatan “Maaf Anda belum mengisi bensin eeh mengisi nama”. Itulah contoh perbuatan JavaScript pada halaman web.

JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape (yang sekarang menjadi Mozilla). Dengan JavaScript kita dapat dengan mudah membuat halaman web yang interakif. Apa yang diperlukan untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript? Kita hanya perlu browser yang support/enabled JavaScript. Kebanyakan browser-browser yang ada sekarang sudah mendukung JavaScript seperti Mozilla, IE, Chrome, dan Opera. Adapun untuk belajar JavaScript, ada baiknya Anda harus mengerti dulu atau setidaknya belajar bahasa HTML.

Kode JavaScript dituliskan langsung pada halaman HTML. Supaya lebih jelas saya tuliskan contoh kode sederhana penerapan JavaScript pada HTML.

<html>
<body>
Ini tulisan HTML normal.<br>
<script language=”JavaScript”>
document.write(“Ini tulisan yang dibuat dengan JavaScript”)
</script>
<br>
ini HTML lagi.
</body>
</html>

Untuk melihat hasil dari contoh penerapan JavaScript pada HTML, simpan file diatas dengan nama “terserahkamu.html” dan buka di browser favorit Anda.

Demikian sekilas mengenai JavaScript, mudah-mudahan berguna bagi Anda yang ingin belajar lebih jauh lagi tentang JavaScript. Sebelum belajar JavaScript, sebaiknya belajar HTML dulu karena JavaScript ditulis pada halaman HTML.

Go webmaster go …. !!!

Posted by: Kang Asep Sule, at 15.21

1 komentar:

rico ade mandana mengatakan...

waaahhh saya baru tahu ini..ok dah langsuing meluncur pak hehehe

Posting Komentar